Selasa, 27 April 2021

# WANITA TANGGUH, SATU BULAN NGGOWES DUA TRACK EXTRIM DIJAJAL#

Sulit dibayangkan kalo bicara soal nggowes, ketika nggoweser baru satu bulan nggowes dan langsung menjajal track extrim New RA dan KTH AT. Kalo tidak bernyali, sangat berat sekali dan sungguh fantastis. Dan tentunya hanya nggoweser tangguh dan bernyali. Terlebih, nggoweser ini adalah cewek. Manatap Elveria Sibuea, akrab dipanggil Ria, baru bergabung dengan Ngoper Pedal, saat itu satu bulan, langsung dua track extrim dirambah. 

Awal pertemuan dengan Mbak Ria ( biasa saya panggil ), saat saya jogging pagi dikawasan perumahan Casamora, Jagakarsa. Saya lihat mbak Ria memakai Clovis 5.0, sepeda gunung keluaran United yang saya anggap rekomen untuk bermain di XC dan blusukan.

Saya perhatikan dan amati, mbak Ria naik Clovis 5.0, saya pikir orang sudah lama main sepeda. Rupanya baru satu minggu nggowes, dan nggak ngerti cara memakai shifter ( perpindahan speed ).
Saya tanya, " Udah berapa lama nggowes mbak ?"
Dijawabnya singkat, " satu minggu pak...ya ini sepeda juga buat nanjak berat banget." 

Kaget saya, ternyata baru satu minggu nggowes dan nggak ngerti sama sekali soal sepeda. Akhirnya sekilas saya ajarkan menggunakan shifter ( perpindahan speed ). 
Sesaat langsung dicoba, dan bilang enak ,nyaman...sambil ketawa. 


Selanjutnya saya tawarkan esok hari seingat saya hari Rabu, kebetulan saya ada acara siang jam 11 meeting. Saya ajak main sepeda ke UI, mbak Ria setuju.
Paginya saya janjian dengan mbak Ria, dan nggowes bareng bersama istri saya, yang kebetulan juga sudah kenalan saat jogging.
Kaget saya, ternyata saat nggowes, speed mbak Ria  diatas 20 km/jam, saya justru ketinggalan jauh. Tapi sengaja saya diamkan, pasti akan berhenti dan nunggu saya. Jalan awal yang lewat aspal, disekitar daerah Beji Depo, saya masukan ke jalur kebon. Mbak Ria kaget dan sempat bicara," loo lewat beginian yaa...?"'
Saya tanya balik,' Enak nggak..aspal sama beginian blusukan enak mana ? "
" Enak yang begini blusukan, saya malah suka " jawa mbak Ria.
" HEmm   " dalam hati saya, cocok ini di ajak main blusukan dan XC. Seperti biasa, saya kenalkan track HUtan UI BIke Track, sepeerti yang lain lain yang saya kenal. Sebagai kawah candradimuka, awal terjun nggowes XC dan blusukan.

Mulailah sejak saat itu kalo nggowes, saya ajak ke jalan tanah dan blusukan, hingga akhirnya Ngoper Pedal ada recana nggowes ke New RA dan KTH AT. Mbak Ria saya tawarkan, dan sedikit saya kasih gambaran soal track tersebut. 


Tepat satu bulan bersepeda, mbak Ria langsung terjun ke track extrim New RA  dan KTH AT di Gunung Mas, Puncak Bogor.

Awal masuk track New RA, saya hanya memberi gambaran soal track dan resiko resikonya, serta adanya lintas yang ada drop dan jumping, table drop dan lain lain, saya arahkan untuk lewat sampingnya, istilah nggoweser adalah Chicken Wing ( samping drop/jumping).

Diluar dugaan, sepanjang track New RA sejak start sampai finish di Gunung Mas, mbak Ria selalu jalan paling depan, saya sendiri yang posisi ada di swepper sempat deg degan dan kawatir kalo salah jalur.
Nggak kebayang kalo salah  jalur dan masuk loncat drop atau jumping, atau lebih parah, masuk jalur sodetan yang jelas jelas track down hill.
Saat sama sama finish di Gunung Mas, saya hanya geleng geleng saja lihat mbak Ria tanpa eskpresi takut dan lelah.

Dari finish di Gunung Mas, kita kembali ke atas menuju track KTH AT.
Track KTH AT sendiri jelas sangat extrim karena lebih cenderung down hill, tapi kekawatiran saya sudah mulai berkurang. Namun masih ada beberapa kawan terutama yang cewek, belum tidak senekat mbak Ria.


Kembali di track KTH AT, begitu start mbak Ria langsung melesat dan meliuk liuk di track KTH AT yang memang katagori down hill. Posisi saya tetap swepper karena harus mengawal beberapa temen yang lain.
Disni kembali mbak Ria teruji tangguh dan bernyali, saat kita terseok seok di track yang kebetulan licin, mbak Ria sudah hampir finish dan berhenti di track datar.
Perjalanan terhenti sejenak, lantaran istri saya dan Mas Yono terjatuh. Awalnya istri saya terpleset pas didepan saya, saat berhenti untuk melihat kondisi istri saya, mas Yono tiba tiba jatuh di tempat yang sama istri saya jatuh. Dua insiden di tempat yang sama.
Setelah memastikan clear, perjalanan dilanjut ke bawah terus menyusuri kebun teh yang kondisi semua adalah downhill.
Bayangkan, satu bulan nggowes udah berani di track New RA dan KTH AT, nggak ada kata yang tepat kecuali tangguh dan bernyali, persoalan ini wanita.
Dua minggu setelah dari track New RA dan KTH AT, Ngoper Pedal kembali ke New RA, namun jalur dipindah ke arah Taman Safari dilanjut tanjakan Ngehek, Gayatri dan Mega Mendung, kombinas track dan enduro, total jarak hampir 52 KM. 

Cerita panjang nggowes mbak Ria, makin panjang seiring jam terbang yang tinggi nggowes bersama Ngoper Pedal. Bulan April ini, selain ke Dieng, mbak Ria ke Curug Rahong, Bogor Barat.

#Jakarta, 27/04/2021

1 komentar:

DAHSYATNYA TANJAKAN PUNCAK SEMPUR KARAWANG, BIKIN NAGIH ( Bag. I )

" File Dok.- Ngoper Pedal "  Mendengar nama Puncak Sempur dikalangan para pesepeda, membuat penasaran dan pingin mencoba untuk dat...